Profil Wisata

Taman T2J

Bantaran Sungai Bengawan Solo

Hastana Ngukiro Tawu

Edukasi Kerajinan Gitar

Ngrombo adalah sebuah desa di kecamatan Baki Kabupaten Sukoharjo provinsi Jawa Tengah. Desa Ngrombo salah satu desa wisata dari 4 desa di wilayah kabupaten Sukoharjo yang mendapatkan Sk dari Bupati Sukoharjo. Ngrombo mempunyai slogan “kuncoro” , letak geografis Desa Ngrombo paking ujung selatan dikecamatan Baki dan berbatasan dengan kelurahan bener kecamatan Wonosari Kabupaten Klaten. Desa Ngrombo memiliki luas wilayah 126.34 Ha, Jumlah penduduk sekitar 3156 Jiwa terdiri dari 1537 Jiwa penduduk laki laki dan 1619 jiwa penduduk perempuan . Desa Ngrombo memiliki potensi alam dan sumber daya manusia , salah satu potensi alam yang luar biasa adalah adanya Makam Kusumoyudha yang merupakan saksi sejarah berdirinya nama Desa Ngrombo dan   sungai bengawan Solo. Hamparan sawah yang luas membuat desa kami asri yang digarap oleh petani warga desa ngrombo yang sebagian berprofesi bercocok tanam

Sedang Potensi sumber daya manusia terbesar dan menjadi produk unggulan Desa Ngrombo yaitu industri dan kreatif kerajinan gitar. Dengan adanya indutri kreatif kerajinan gitari ini ,  mendorong pokdarwis dan kelompok pengrajin gitar mengangkat kearifan lokal Desa Ngrombo, industri kreatif gitar menjadi wisata edukatif gitar. Pemberdayaan disabilitas dan Perempuan merupakan daya tarik tersendiri mengingat lokasi desa dekat dengan kota dan pabrik akan tetapi mereka memilih bekerja di industi kreatif ini. Industri kreatif kerajinan gitar desa Ngrombo mampu menggerakkan roda perekonomian dan menyerap tenaga kerja baik tenaga kerja lokal maupun dari luar. Hal ini menjadikan desa Ngrombo mempunyai daya tarik tersendiri bagi pengunjung.

Dengan adanya wisata edukasi Industri dan Kreatif gitar Pemerintah Desa dengan Pokdawis desa Ngrombo mengembangkan desatinasi wisata pendukung seperti Icon Icon Gitar di tiap tiap RT sebagai Identitas Desa Ngrombo Kuncoro dan sebagi spot Selfi, Pendopo Sentra sebagi Pusat informasi, Sekretariat Pokdarwis sebagai reservasi pengunjung.

Kerjasama yang baik antara Pemerintah Desa Ngrombo dan Pokdarwis desa Ngrombo dan semangat warga desa ngrombo mampu berinovasi dalam pengembangan wisata alam dengan memanfaatkan dan merubah bantaran sungai bengawan Solo dan Sungai Brambang menjadi destinasi wisata alam. Warga masyarakat dengan kesadaran dan swadaya membuat taman taman hijau disekitar perkampungan dan bantaran sungai dan dilengkapi dengan kuliner asli desa ngrombo, adapun nama taman T2 J , taman limbah indah, taman patih dan taman bali ngukiro tawu dengan tujuan pengunjung akan betah tinggal berlama lama di Desa Ngrombo.

Link Tekait